Rabu, 30 Mei 2012

Tugas 3 bahasa indonesia


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang  Masalah
Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi di sektor pariwisata, merupakan salah satu objek yang banyak diminati oleh semua kalangan, khususnya kalangan wisatawan dan pecinta alam, perkembangan itu di iringi pula dengan kebutuhan informasi tentang  panorama alam, salah satunya adalah beberapa Taman Nasional yang ada di Indonesia dengan spesifikasinya masing-masing.
Hal itu menyebabkan manusia berusaha untuk selalu mengikuti perkembangan tersebut, untuk itu dibutuhkan informasi yang akurat, dalam hal ini komputer  sebagai salah satu media informasi menjadi unsur penting pada saat ini, begitu banyak kemudahan yang bisa didapatkan melalui media ini, misalnya mendapatkan  informasi yang disajikan dalam bentuk multimedia. Misalkan seseorang ingin mengetahui keadaan suatu tempat wisata, keindahan panorama alamnya serta fasilitas –fasilitas yang tersedia dan masih banyak lagi. Tentu orang tersebut akan lebih senang bila informasi yang dibutuhkan disajikan dalam bentuk gambar, animasi dan suara  serta dapat terlibat langsung dalam proses pencarian informasi tersebut. Hal tersebut membuat informasi  menjadi lebih menarik dan mudah diserap. 
           
1.2.            Batasan Masalah
Batasan masalah pada Penulisan Ilmiah ini adalah pembuatan website untuk menampilkan informasi mengenai keindahan alam dan panorama Taman Nasional.  Terdiri dari Taman Nasional di daerah Cianjur, dengan informasi meliputi keindahan alam gunung Gede Pangrango, danau, air terjun, sumber mata air panas, peta lokasi, dan  sejarah singkat berikut spesifikasi masing-masing.
 Berdasarkan beberapa keterangan di atas, penulis mencoba untuk membuat suatu aplikasi multimedia yang menggambarkan tentang obyek pariwisata. khususnyaTaman Nasional tersebut dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft  Visual Basic 6.0, Adobe Photoshop 5. 2.

1.3.            Tujuan Penulisan
Adapun tujuan Penulisan Ilmiah ini adalah untuk membantu para wisatawan yang ingin mengetahui lebih banyak tentang  Taman Nasional Gunung Gede Pangrango secara mudah cepat dan akurat melalui media komputer.

1.4.            Metode Penulisan
Metode Penulisan yang diterapkan dalam penulisan ini menggunakan 2 (dua) metode,  yaitu :
-                      Studi lapangan yaitu data diambil dengan mengunjungi langsung daerah pariwisata Taman Nasional Gede Pangrango, Cianjur – Jawa Barat.
-                      Studi pustaka menelaah buku-buku perpustakaan dan buku-buku yang ada hubungannya dengan pemrograman Visual Basic sebagai referensi.

1.5.            Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam melengkapi dan menganalisa Penulisan Ilmiah ini maka dalam penyajiannya penulis menguraikan ke dalam 4 (empat) bab, yaitu :

Bab I. Pendahuluan
Bab ini menjelaskan mengenai latar belakang masalah, pembatasan masalah, tujuan penulisan dan sistematika penulisan.

Bab II. Landasan Teori
Bab ini menjelaskan landasan teori yang digunakan untuk menunjang penulisan ilmiah ini. Dasar-dasar teori tersebut antara lain mengenai pengertian multimedia, sejarah Visual Basic, spesifikasi Microsoft Visual Basic, memakai Microsoft Visual Basic, elemen properties, istilah pada pemrograman Visual Basic, bekerja dengan kontrol pada form, membuat file eksekusi, modus pengerjaan program, bekerja dengan  objek Visual Basic, menggunakan variabel, tipe data , kotak pesan, input dan dialog, menu, Multiple Document Interface (MDI).

Bab III. Pembahasan
Bab ini menjelaskan analisa masalah yang terkait dengan aplikasi Multimedia menggunakan Visual Basic 6.0  antara lain mengenai cara pembuatan form,  command button, kotak pesan, pengambilan gambar  dan  proses-proses dalam pembuatan aplikasi ini.

Bab IV. Kesimpulan dan Saran
Bab ini berisikan kesimpulan dan saran-saran bagi penyempurnaan Penulisan Ilmiah ini.
BAB II
LANDASAN TEORI

            Dalam membuat sebuah aplikasi multimedia, khususnya aplikasi multimedia pada dunia Pariwisata yaitu Taman Nasional, penulis terlebih dahulu mempelajari pemrograman Visual Basic 6.0. Selain itu penulis juga mempelajari dasar-dasar multimedia serta hal-hal mendasar yang terkait didalamnya, seperti teks, grafik dan pengolahan gambar serta hal-hal yang bersifat teknis, seperti perencanaan multimedia dan tahap-tahap penyusunan hingga siap untuk digunakan.
            Untuk lebih jelas mengenai teori-teori dasar yang menjadi landasan teori bagi penulis dalam penulisan ilmiah ini, berikut akan dijelaskan dibawah ini.

2.1       Multimedia

            Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi yang sudah tidak asing lagi dalam bidang teknologi informasi, dimana dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi dan video disatukan dalam bentuk komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan baik secara linear maupun interaktif.

            Dibandingkan informasi dalam bentuk teks (angka dan huruf)  yang umum di- peroleh dari sebuah output komputer, informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya.       

            Multimedia untuk pertama kalinya digunakan oleh komputer Apple Macintosh dan terus berkembang, hingga saat ini multimedia sudah dapat digunakan pada komputer-komputer lain seperti IBM PC dan IBM PC Compatible. Perkembangan multimedia tidak hanya sebatas berkembangnya jenis komputer yang dapat menggunakannya saja, tetapi terus berkembang dalam hal-hal lainnya, baik yang menyangkut perangkat lunak hingga kegunaannya. Sebelumnya multimedia hanya digunakan oleh CBT (Computer Based Training) tetapi sekarang sudah digunakan pula untuk bisnis periklan (Advertisement) hingga untuk presentasi bisnis.

 

2.1.1.  Definisi Multimedia

            Multimedia adalah gabungan kata yang terdiri dari kata multi dan media. Multi berarti banyak atau lebih dari satu, sedangkan media berarti bentuk atau jenis sarana yang dipakai untuk menyampaikan informasi.
            Seperti yang telah dijelaskan, multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pengguna/pemakai multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam  aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pengguna / pemakai. Semua pesan-pesan, perangkat lunak dan makna yang dipresentasikan oleh komputer atau layar televisi disebut multimedia project, sedangkan yang dipasarkan dalam kotak atau pembungkus khusus, dengan atau tanpa instruksi disebut multimedia title.
Meskipun hanya beberapa aplikasi multimedia yang mengandung seluruh elemen-elemen komunikasi tersebut, aplikasi yang hanya mengandung sedikitnya dua elemen diataspun sudah dapat dikatakan sebagai multimedia.Multimedia merupakan suatu bukti adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat, khususnya pada bidang komputer, dan sesuai dengan fungsinya, teknologi harus dapat membantu tugas manusia menjadi lebih mudah.

2.2.      Microsoft Visual Basic
2.2.1.  Sejarah Visual Basic
            Sejarah Visual Basic diawali dari pengembangan bahasa BASIC di Dartmouth College, Amerika Serikat, pada awal tahun 1960-an. Sejak semula BASIC memang dirancang untuk mudah dipelajari. Begitu sederhananya sehingga nyaris semua pakar pemrograman komputer menggunakan  BASIC sebagai bahasa pemrograman pertamanya. Pada tahun 1982 IBM/PC diperkenalkan pada masyarakat, Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk komputer ini. Diadalamnya disertakan pula bahasa BASIC yang dikenal sebagai QuickBasic (QBASIC). Pada tahun 1990-an era DOS berlalu digantikan era Windows. Tampilan grafis Windows yang sangat bagus dan lebih interaktif  mengubah pemrograman dari pekerjaan yang memusingkan kepala menjadi sebuah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Microsoft pun akhirnya membuat BASIC versi Windows yang dikenal dengan Microsoft Visual Basic.

2.2.2. Spesifikasi Microsoft Visual Basic
            Adapun spesifikasi dari Microsoft Visual Basic adalah:
1.      Sistem operasi 32 bit seperti Windows 95 atau Windows NT.
2.      IBM PC atau kopatibel dengan prosesor 486 keatas.
3.      RAM 16 MB.
4.      VGA atau resolusi yang lebih tinggi.
2.3.  Istilah Pada Layar
2.3.1. Main Menu
            Main menu terdiri dari dua komponen yaitu menu bar dan title bar.
Menu bar menampilkan menu yang berisi perintah-perintah pada Visual Basic., sedangkan title untukk menampilkan judul proyek Visual Basic yang sedang dikerjakan.
2.3.2. Toolbar
            Toolbar disediakan Visual Basic  untuk mengakses berbagai fungsi yang ada dalam menu secara lebih cepat dan lebih mudah.
2.3.3.  Form
            Form adalah lembar deasain tampilan dari program yang dibuat. Form ini menjadi pondasi tempat diletakkannya kontrol-kontrol yang dimiliki oleh Visual Basic.
2.3.4. Properties Windows
            Merupakan jendela yang digunakan untuk mengatur properties sebuah objek. Properties Windows ini terbagi dalam dua bagian Alphabetic dan Categorized. Perbedaan dari keduanya hanyalah cara menampilkan properties dalam sebuah objek.
Pada bagian Alphabetic, Properti diatur dalam kelompok-kelompok kategori.
Elemen-elemen Properties
(Name) - Digunakan untuk memberi nama objek yang kita buat.
Alignment -  Digunakan untuk menggunakan bagaimana Caption pada Check Box, Label, Option Button atau Text Box.
Appereance- Digunakan untuk menentukan bentuk objek Flat (datar tanpa efek 3 dimensi) dan 3D (dengan tampilan efek 3 dimensi).
AutoSize - Bila bernilai true, kontrol secara otomatis akan dirubah ukurannya grafik itu pas masuk didalamnya. Bila False, properti Height dan Width pada kontrol akan tetap begitu saja ukurannya.
BackColor - Digunakan untuk mengubah warna latar dari objek.
BackStyle - Digunakan untuk menentukan gaya latar belakang (transparan atau tidak transparan) yang digunakan pada Labe atau kontrol Shape.
BorderStyl - Gaya border digunakan pada beberapa kontrol.
Caption - Judul yang muncul pada title bar Form atau pada kontrol.
Data Field - Properti pada kontrol yang dilekatkan pada Kontrol Data yang akan dikoneksi keDatabase. Didalamnya berisi nama field yang akan ditampilkan suatu kontrol.
DataSource - Properti pada kontrol yang dilekatkan pada kontrol data untuk  menentukan nama sumber Kontrol Data yang akan dilekatkan.
DragIcon - Gambar grafis yang digunakan selama proses drag dilakukan.
DragMode- Bila DragMode pada kontrol bernilai 1 maka proses drag akan  berlangsung secara otomatis. Bila bernilai maka drag dilakukan secara manual dengan mengguanakan method Drag.
Enable- Nilai True/False yang menyatakan suatu  Form ataun kontrol bisa diakses.   
Font - Untuk menentukan jenis jenis font dan ukuran font yang akan dipakai pada Form, Label, Kontrol atau Text.
ForeColor- Warna latar depan dari objek Visual.
Height - Tinggi dari objek visual.
Index - Nilai Integer yang menentukan salah satu anggota pada kontrol yang berbentuk Array.
Lef t- Posisi kiri dari Form  atau kontrol relatif terhadap objek induk.
MouseIcon - Gambar grafik yang bisa digunakan menjadi mouse pointer ketika mouse pointer diset 99.
MousePointer -  Nilai Numerik yang menentukan nilai grafik apa yang ditampilkan sebagai pointer mouse pada sebuah objek.
ScrollBar - Nilai integer yang menetukan apakah suatu Text Box atau Kontrol Grid tidak memiliki bar penggulung (0), punya bar penggulung horizontal (1), vertikal (2), atau keduanya (3).
TabIndex -  Nilai integer yang menetukan urutan kontrol atau Form mana yang akan menerima fokus bila tombol <Tab> ditekan.
Tag  -  Identifikasi bertipe string atau tag komentar untuk Fom atau Kontrol.

Text- 1. Text yang dimasukkan keText Box atau Combo Box (Style 1 atau 2).
          2. Pilihan data pada List Box atau Combo Box (Style 2).
Top - Posisi dari border atas Form atau kontrol relatif terhadap induk objek masing-masing.
UseMnemonic - Nilai True/False yang menandakan apakah karakter & pada properti Caption di Kontrol  Label akan digunakan juga sebagai kunci akses.
Visible - Nilai True/False yang menandakan status tampak atau tidak dari form atau kontrol.
Width- Lebar dari objek Visual.
WordWrap - Nilai True/False yang menentukan apakah Kontrol Label secara otomatis disesuaikan secara Vertikal (true) atau Horizontal (false) agar pas dengan nilai Captionnya.
2.4. Project Explorer
            Komponen ini digunakan untukmengelola file yang menyusun sebuah proyek. Project Explorer ini berisi daftar form, modul class, dan file resource yang digunakan sebuah proyek.

2.5. Istilah pada Pemrograman Visual
2.5.1. ActiveX Control
ActiveX Control ini digunakan untuk menambah kontrol-kontrol standar yang disediakan Visual Basic.
2.5.2. Event
Event adalah aktivitas yang terjadi saat menggunakan aplikasi. Event terjadi karena adanya tindakan dari pemakai, seerti klik mouse auatu penggunaan keyboard, yang perlu dilakukan hanyalah menulis suatu rutin yang akan dijalankan event ini.
2.5.3. File Eksekusi
File eksekusi  adalah file program yang telah diterjemahkan kedalam bahasa mesin. File eksekusi dijalankan diluar aplikasi pembuatnya, dan biasanya mempunyai ekstensi.EXE.
2.5..4. Fungsi
Fungsi adalah prosedur yang mengembalikan sebuah nilai tunggal.
2.5.5. Icon
Icon adalah gambar kecil yang mempresentasikan Aplikasi.
2.5.6. Kontrol
Kontrol adalah pengganti tool yang sudah disediakan oleh Visual Basic. Dengan menggunakan fasilitas ini maka penguna dapat menciptakan event agar aplikasi dapat menerima input.
2.5.7. Metode
Prosedur atau fungsi yang terasosiasi dengan sebuah objek dan digunakan untuk mengatur operasi objek tersebut.
2.5.8. Objek
Objek merupakan bagian dari perlengkapan suatu aplikasi yang mempunyai spesifikasi properti tersendiri. Untuk mengakses sebuah objek digunakan properti, metode dan event tersendiri. Properti sebuah objek menjadi variabel dan konstanta baginya. Metode bagi sebuah objek menjadi perintah atau fungsi yang diasosiasikan dengannya. Sedangkan event bagi sebuah objek merupakan tindakan yang terjadi saat menjalankan aplikasi untuk diberikan kepada kontrol objek.
2.5.9. Properti
Properti adalah bagian yang membangun sebuah objek. Properti sangat menentukan objek yang sedang dibuat. Sebuah objek dapat disamakan dengan manusia. Jika seorang manusia mempunyai properti sama seperti nama, tinggi, jenis kelamin, berat dan sebagainya, maka sebuah objek memiliki properti seperti title (judul), height (panjang), width (lebar), dan sebagainya.
2.5.10. Prosedur
Prosedur adalah sekumpulan kode rutin yang ditulis dalam satu blok tersendiri. Blok tersebut hanya akan dieksekusi jika namanya dipanggil.
2.5.11. Proyek
Proyek adalah kumpulan dari file yang teroganisir dan membentuk subuah program.



  
Modus Pengerjaan Proyek :
Saat bekerja dengan sebuah proyek pembuatan program, melibatkan tiga jenis modus pengerjaan, yaitu desain , run-time, dan break. Ketiga jenis itu dapat dibedakan dari title bar masing-masing.
- Modus Desain, merupakan modus yang digunakan untuk mendesain sebuah aplikasi, yaitu merancang tampilan form dan menuliskan rutin program.
- Modus Run-Time, merupakan modus saat aplikasi mengambil alih pengontrolan program dengan cara Visual Basic menjalankan program yang telah didesain. Pada modus ini, rutin program hanya dapat diawasi tidak dapat diubah.
-          Modus break, merupakan modus saat jalankan aplikasi dimodus ini run-time ditunda.

2.7. Kotak Pesan, Input dan Dialog

                        Sebuah kotak pesan dapat digunakan sebagai input ataupun output dari aplikasi Visual Basic. Meskipun demikian, kotak pesan lebih banyak digunakan sebagai output untuk menampilkan keadaan yang sedang terjadi pada aplikasi.
Untuk menciptakan sebuah kotak pesan, Visual Basic telah menyediakan prosedur intenal, yaitu MsgBox.



MsgBox(Prompt[, parameter] [,judul] [,filehelp, konteks])
 
 



2.8. Prompt
            Teks yang dituliskan disini akan ditampilkan pada kotak pesan. Panjang pesan maksimum yang dapat ditampilkan adalah 1024 karakter.






2.9. Parameter
            Parameter menetukan jenis tombol yang akan ditampilkan oleh kotak pesan.

2.10. Kotak Input 

            Visual Basic memberikan metode pemasukkan input menggunakan InputBox yang akan menampilkan sebuah kotak input.



InputBox (prompt[, judul][, default][, xpos][, ypos][, filehelp, konteks])
 
 



Prompt merupakan teks yang akan ditulis untuk menerangkan data yang akan dimasukkan pada kotak input. Judul merupakan teks yang akan ditulis sebagai judul
Kotak input pada title bar. Default adalah nilai standar yang selalu akan ditulis pada kotak pengisian.

2.11. Kotak Dialog

            Kotak dialog biasanya ditampilkan untuk peristiwa membuka file, menyimpan file, mengubah setting huruf, mengatur warna dan saat mencetak file ke printer. Visual Basic menyediakan kontrol CommonDialog untuk membuat kotak dialog.



            Nama_kontrol_CommonDialog.metode
                            ComDi1.ShowOpen

                                          Atau
            Nama_kontrol_CommonDialog.action = nomor
                                   ComDi1.action = 1
 
 







2.12. Bekerja Dengan Objek
            Form bisa dibandingkan dengan sebuah kanvas bagi pelukis, tempat untuk mengekspresikan ide-idenya. Setyiap kali dibuat proyek baru, maka sebuah form akan tersedia. Sebuah proyek dapat memiliki lebih dari satu form tergantung dari jumlah jendela form yang ingin ditampilkan. Untuk menambahkan sebuah form pada proyek, pilihlah menu Project | Add Form.
            Objek kontrol merupakan ciri sebuah pemrograman visual, dimana objek-objek tersebut sebagian besar digunakan untuk merancang tampilan program tanpa perlu berfikir banyak. Selain kontrol untuk membuat tampilan, kontrol digunakan oleh aplikasi untuk memperoleh atau menampilkan input dari dan kepada pemakai program. Semua kontrol memiliki properti, metode dan event tersendiri.
Beberapa kontrol standar pada Microsoft Visual Basic, yaitu :
Pointer :  Pointer bukan unit kontrol, hanya berfungsi untuk memindahkan atau mengubah ukuran objek kontrol dan form.
PictureBox : Awalan Pic
Merupakan kontrol untuk menampilkan file Bitmaps, Metafiles, icon, GIF dan JPEG.       
Label : Awalan Lbl
Merupakan kontrol yang menampilkan teks namun pemakai tidak dapat berinteraksi dengannya ataupun mengubahnya.
TextBox : Awalan Txt
Kontrol yang menampilkjan text dimana pemakai dapat mengisinya ataupun melihat teks yang ditampilkan sebagai output suatu proses.
Frame : Awalan Fra
Merupakan kontrol untuk mengidentifikasikan sebuah grup.
CommandButton : Awalan Cmd
Kontrol ini akan membuat sebuah tombol yang biasanya digunakan untuk meneksekusi sebuah tindakan.
           CheckBox : Awalan Chk
Kontrol ini akan memberikan perintah pilihan Benar / Salah atau Ya / Tidak. Memungkinkan untuk memilih beberapa pilihan sekaligus dalam suatu kelompok pada saat bersamaan.
OptionButton : Awalan Opt
Kontrol ini merupakan bagian dari option button lain yang akan membentuk grup pilihan. Hanya memungkinkan pemakai untuk memilih salah satu dari beberapa pilihan yang ada pada satu grup.
ComboBox : Awalan Cbo
Merupakan kontrol kombinasi antara TextBox dengan ListBox.
Dengan  kontrol ini pemakai dapat mengetikkan pilihan atau memilih item lewat drop-down list.
ListBox : Awalan Lst
Kontrol ini akan menampilkan daftar item dimana pemakai dapat memlilih salah satu dari item-item yang ditampilkan.
            Horizontal ScroolBar : Awalan Hsb
Kontrol ini memungkinakan pemakai untuk memilih suatu objek selama masih dalam jangkauan horizontal objek. Selain itu kontrol juga bisa digunakan sebagai input untu memasukkan nilai suatu data.
Vertical scroolBar : Awalan Vsb
Sama dengan Horizontal ScroolBar hanya saja untuk jangkauan vertikal.
Timer : Awalan Tmr
Merupakan kontrol untuk mengeksekusi waktu kejadian pada rutin program termasuk didalamnya selang (interval) waktu.
            DriveListBox : Awalan Drv
Kontrol ini akan menampilkan daftar drive pada komputer pemakai dan memungkinkan pemakai untuk memilih sebuah drive.
            DirListBox : Awalan Dir
Kontrol ini akan menampilkan daftar direktori pada drive terpilih. Kontrol ini memungkinkan pemakai untuk memilih sebuah direktori dan path.
            FileListBox : Awalan Fil
Kontrol ini akan menampilkan daftar file pada direktori terpilih dan memungkinkan pemakai untuk memilih sebuah file.


Shape : awalan Shap
Kontrol ini memungkinkan pemrogram untuk menambahkan lingkaran, elips dan persegi empat pada form.
Line : Awalan Lin
Kontrol ini memungkinkan membuat garis lurus pada form.
Image : Awalan Img.
Kontrol ini akan menampilkan gambar Bitmaps, Metafile, Icon, GIF   dan JPEG. Perbedaannya dengan PictureBox adalah kontrol ini memiliki kecepatan akses lebih cepat tetapi sedikit properti dan eventnya.

BAB III

ANALISA DAN PEMBAHASAN


3.1. Prosedur Kerja Penulisan
Dalam penyusunan penulisan ilmiah ini penulis mengumpulkan data-data mengenai Gunung Gede Pangrango dengan terjun langsung kelapangan dan melakukan penelitian terhadap beberapa gunung di sekitar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.
Gunung–gunung yang ada dalam penulisan ilmiah ini adalah secara umum gunung -gunung yang sudah dikenal oleh masyarakat indonesia. Sehingga tidak asing lagi di para wisatawan khususnya para pecinta alam penggemar hiking dan caving.
Penulisan ilmiah ini mempunyai sasaran, yaitu para wisatawan dan pecinta alam yang diharapkan dapat menginformasikan lebih banyak lagi tentang berbagai kondisi fisik alam dan keindahan panorama yang tertuang dalam photo – photo dan disajikan lewat multimedia, yang kesemuanya itu mempunyai masing-masing spesifikasi masing -masing.
Adapun keindahan alam yang ditampilkan dalam penulisan ini adalah keindahan alam yang terdapat disekitar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, yang terdiri Gunung Gede Pangrango ,yaitu informasi yang meliputi keindahan alam gunung Gede Pangrango, danau-danau seperi Danau Ranu Kumbolo, Ranu Pane, Ranu Regulo, dan informasi tentang peta lokasi, sejarah singkat, dan beberapa pentunjuk singkat berikut spesifikasi masing-masing.

3.3.      Cara Pembuatan Program
Pada pemrograman Visual Basic sebelum kita membuat program, kita terlebih dahulu merancang bentuk tampilan dari program yang kita buat, untuk itu Visual Basic telah menyediakan form yang digunakan sebagai tampilan dari program yang akan kita buat. Form ini pada dasarnya sebagai tempat peletakkan dari program yang kita buat. Selain itu form ini dapat mempermudah dalam pembuatan program dan dalam penerapan aplikasi program tersebut agar lebih mudah digunakan oleh penggunanya ( user friendly ). 

  3.3.l. Form1
Hal yang pertama kita lakukan adalah meng-klik Addform pada toolbar, maka akan muncul form kosong, dengan form kosong inilah kita akan bekerja. Penulis memberi nama form Form1 dengan merubah properti Caption pada windows properties.
Pada form ini yang mendominasi adalah kontrol CommandButton dan kontrol Image dan terdapat pula menu Pulldown yang dapat digunakan oleh pemakai. Untuk pemakaian CommandButton pertama kita masukkan kontrol CommandButton dengan cara drag dan drop atau klik dua kali.Untuk kontrol CommandButton digunakan jika kita ingin menuju ke submenu lain sesuai dengan teks yang ada pada tombol perintah tersebut. Untuk menambahkan gambar atau icon pada kontrol CommandButton tersebut pertama kita ubah properties Style menjadi “Graphic”, lalu pada properties Picture kita klik dan pilih gambar atau icon yang kita inginkan ubah properti BackColour sesuai warna yang diinginkan.
Untuk menu Pulldown dapat digunakan untuk menuju ke submenu yang kita inginkan selain dengan tombol perintah yang ada dalam menu utama tersebut. Untuk membuat menu Pulldown ini yang pertama kita lakukan adalah Klik Tool pada Toolbar pilih “Menu Editor” dan kita dapat mengisinya sesuai dengan perintah menu Pulldown yang kita inginkan.



 
 







Gambar 3.3.1.1. Menu Pulldown
Untuk kontrol Image tidak berpengaruh terhadap program. Kontrol image ini digunakan untuk memperindah tampilan dari menu utama saja. Untuk memasukkan kontrol image ini dengan cara drag dan drop atau klik dua kali. Pada kontrol image ini jika kita ingin memasukkan  gambar maka pada properties pilih Picture lalu pilih gambar yang kita inginkan. Agar tampilan sesuai dan bagus ubah properties Scretch menjadi “True”.
3.3.2. Form Layar_2
Hal yang pertama kita lakukan adalah meng-klik Addform pada toolbar, maka akan muncul form kosong, dengan form kosong inilah kita akan bekerja. Penulis memberi nama form Menu Utama dengan merubah properti Caption pada window properti.
Pada form ini yang mendominasi adalah kontrol CommandButton dan kontrol Image dan terdapat pula menu Pulldown yang dapat digunakan oleh pemakai.
Untuk pemakaian CommandButton pertama kita masukkan kontrol CommandButton dengan cara drag dan drop atau klik dua kali.       
Untuk kontrol CommandButton digunakan jika kita ingin menuju ke submenu lain sesuai dengan teks yang ada pada tombol perintah tersebut. Untuk menambahkan gambar atau icon pada kontrol CommandButton tersebut pertama kita ubah properties Style menjadi “Graphic”, lalu pada properties Picture kita klik dan pilih gambar atau icon yang kita inginkan ubah properti BackColour sesuai warna yang diinginkan.

3.3.3.      Kotak Pesan
Karena kotak pesan mempunyai fungsi tersendiri untuk memunculkannya, maka kita perlu membuat berdasarkan syntax dari kotak pesan tersebut. Adapun bentuk umum dari kotak pesan adalah  MsgBox msg [, [type] [, title] ].
Seperti contoh dalam pembuatan kotak pesan akan keluar program berikut ini :
MsgBox("Anda ingin keluar…?", vbYesNo + vbCritical, "Pesan Keluar").
Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut ini :



 
 
                                 



Gambar 3.3.2. Rancangan Message Box

3.3.4        Sub Menu 
Pada program ini terdapat beberapa submenu yaitu submenu data pada Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, yang terdiri atas Gunung, Peta lokasi, Danau, Petunjuk Umum, Sejarah dan submenu Author.

3.3.4.1  Sub Menu Gunung.
Pada dasarnya semua submenu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango pada program ini mempunyai prinsip pembuatan dan metode yang sama.
Sama seperti halnya dalam pembuatan menu utama hal yang pertama kita lakukan adalah meng-klik Addform pada toolbar, maka akan muncul form kosong, dengan form kosong inilah kita akan bekerja. Beri nama form sesuai dengan data Gunung yang akan diwakili form tersebut dengan merubah properti Caption pada window properties. Seperti contoh kita merubah Properties Caption menjadi Gunung dan secara otomatis form tersebut mewakili semua data tentang Gunung.
Pada form ini terdapat kontrol CommandButton, Image, Label, Untuk Command Button sama halnya dengan Form menu utama baik itu cara pembuatannya dan fungsinya yaitu untuk menuju ke sub menu yang di wakili oleh teks yang ada pada tombol perintah tersebut. 
            Kontrol Image pada form ini saling berkaitan. Pertama kita masukkan kontrol Image dengan cara drag dan drop atau klik dua kali, letakkan ke tempat yang kita inginkan.
            Kontrol Frame dan Label tidak berpengaruh terdapat program ini. Frame digunakan untuk mengelompokkan kontrol-kontrol lain dalam satu kelompok frame dan Label berfungsi untuk memberi judul label saja. Langkah yang dilakukan dengan cara drag dan drop atau klik dua kali, letakkan ke tempat yang kita inginkan
Untuk Animasi adalah animasi tulisan bergulung keatas yang pada prinsipnya sama dengan apa yang dilakukan pada pembuatan Animasi1 yaitu kita masukkan ke dalam kontrol Timer tersebut, yang sebelumnya pada property Interval kita ubah menjadi 100.  Contoh program ntuk Aminasi, yaitu : 
If Label1.Top = -3220 Then
Label1.Top = 5882

Else

Label1.Top = Label1.Top - 40

End If


3.3.4.2  Sub Menu Danau

 
Sama seperti halnya dalam pembuatan submenu Gunung hal yang pertama kita lakukan adalah meng-klik Addform pada toolbar, maka akan muncul form kosong, dengan form kosong inilah kita akan bekerja. Beri nama form sesuai dengan data Danau yang akan diwakili form tersebut dengan merubah properti Caption pada window properties. Seperti contoh kita merubah Properties Caption menjadi Danau secara otomatis form tersebut mewakili semua data tentang Danau.
Pada form ini terdapat kontrol CommandButton, Image, Label, Timer, Frame, OptionButton serta menu Pulldown.
            Untuk CommandButton dan Pulldown sama halnya dengan Form menu utama baik itu cara pembuatannya dan fungsinya yaitu untuk menuju ke sub menu yang di wakili oleh teks yang ada pada tombol perintah tersebut
            Kontrol Image dan OptionButton pada form ini saling berkaitan. Pertama kita masukkan kontrol Image dengan cara drag dan drop atau klik dua kali, letakkan ke tempat yang kita inginkan, lalu lakukan hal yang sama terhadap Optionbutton. Kontrol OptionButton berfungsi untuk memilih jenis Danau yang diinginkan, kemudian kontrol Image berfungsi menampilkan gambar Danau yang kita pilih pada OptionButton tersebut. Perintah yang digunakan adalah :
     If Option1.Value = True Then
     Image2.Picture=True
     Image3.Picture =False
     Image4.Picture =False

            Kontrol Frame dan Label tidak berpengaruh terdapat program ini. Frame digunakan untuk mengelompokkan kontrol-kontrol lain dalam satu kelompok frame dan Label berfungsi untuk memberi judul label saja. Langkah yang dilakukan dengan cara drag dan drop atau klik dua kali, letakkan ke tempat yang kita inginkan
Untuk Animasi adalah animasi tulisan bergulung keatas yang pada prinsipnya sama dengan apa yang dilakukan pada pembuatan Animasi yaitu kita masukkan ke dalam kontrol Timer tersebut, yang sebelumnya pada property Interval kita ubah menjadi 100.
If Label1.Top = -4200 Then
Label1.Top = 6000

Else

Label1.Top = Label1.Top – 40
End If
3.4      Cara Penggunaan Program
Pada saat program ini dijalankan, maka tampilan pertama kali adalah Main Form1. Form ini menandakan bahwa kita telah berada pada program aplikasi multimedia tentang data-data dan spesifikasi tentang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Didalamnya terdapat tombol-tombol perintah dimana setiap tombol tersebut mewakili setiap submenu yang dimilikinya, terdapat pula menu Pulldown, yang pada dasarnya sama dengan tombol perintah yang ada. Menu pulldown ini hanya digunakan sebagai alternatif saja. Untuk lebih jelasnya tampilan menu utama adalah seperti berikut ini :



 
 



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
Gambar 3.4.1. Tampilan Menu Utama

Gambar 3.4. 1. Tampilan Form1
Pada form Main Menu ini terdapat tombol perintah Mulai untuk melihat Form Layar_2, dan terdapat menu – menu yang diinginkan, dan tombol Authhor bila ingin tampilan submenu Author serta Exit, tombol perintah ini digunakan jika kita ingin keluar dari program. Jika kita menekan tombol perintah ini maka akan tampil kotak pesan sebagai berikut :      

                                      

 
 




Gambar 3.4.2. Tampilan Pesan Keluar
            Jika kita memilih tombol “Yes” maka kita akan keluar dari program, dan jka menekan tombol “No” kita masih berada pada program tersebut.
            Jika kita Ingin mengetahui lebih banyak dari program ini, klik saja tombol Mulai, maka akan tampil submenu Menu Utama yang akan menginformasikan tentang segala jenis informasi umum yang disajikan seperti Gunung, Danau, sejarah, Peta lokasi, dan beberapa Petunjuk Umum lainnya, dengan melihat tampilan yang ada di form layar_2.


Text Box:

Untuk menampilkan data tentang Gunung, klik tombol perintah Gunung, atau pada menu Pulldown View pilih Gunung maka kita akan masuk ke dalam submenu Gunung berisi tentang data dan spesifikasi Gunung, dengan tampilan layar sebagai berikut :
Gambar 3.4.3. Tampilan Submenu GUNUNG

Untuk menampilkan Informasi umum lainnya kita harus kembali ke Menu Utama. Klik tombol perintah Danau pada Menu Utama, atau dari menu Pulldown submenu di menu utama.. Terdapat tiga jenis Danau pada submenu Danau ini, yaitu Danau Ranu Kumbolo, Ranu Pane dan Ranu Regulo. Pilih Danau yang ingin dilihat pada option button. Sebagai contoh kita tampilkan Danau Ranu Kumbolo, maka akan tampak tampilan sebagai berikut :





 
 






Gambar 3.4.4. Tampilan Submenu Danau Ranu Kumbolo


Klik tombol perintah Peta Lokasi pada Menu Utama, atau dari menu Pulldown submenu di Menu Utama maka akan tampil submenu Peta Lokasi., maka akan tampak tampilan sebagai berikut :



 
 






Gambar 3.4.5. Tampilan Submenu Peta Lokasi

Klik tombol perintah Sejarah pada Menu Utama, atau dari menu Pulldown submenu pada Menu Utama diatas yaitu Sejarah maka akan tampil submenu Sejarah., maka akan tampak tampilan sebagai berikut :




 
 






Gambar 3.4.6. Tampilan Submenu Sejarah.

Untuk menampilkan Panorama kita harus kembali ke Menu Utama. Klik tombol perintah Panorama pada Menu Utama, atau dari menu Pulldown submenu di menu utama.. Terdapat lima photo Panorama pada submenu Panorama ini, Pilih Photo yang ingin dilihat pada Optionbutton. Sebagai contoh kita tampilkan Photo1,maka akan tampak tampilan sebagai berikut :



 
 








Gambar 3.4.7. Tampilan Submenu Panorama.


BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN


4.1. Kesimpulan

Penggunaan aplikasi ini di harapkan dapat membantu dalam mencari informasi tentang keindahan alam gunung Gede Pangrango, danau, air terjun, sumber mata air panas, peta lokasi, dan  sejarah singkat berikut spesifikasi masing-masing secara lebih efisien, tepat dan terarah.
Komputerisasi yang didukung oleh program yang baik akan sangat membantu dalam penginformasian keindahan alam dan panorama Taman Nasional sehingga diharapkan akan sangat optimal, efisien dan efektif. Sehingga peningkatan pelayanan informasi kepada para wisatawan dan pencinta alam semakin baik.

4.2. Saran
Peningkatan layanan informasi kepada para pecinta alam wisatawan perlu untuk selalu ditingkatkan mengingat semakin canggihnya teknologi yang ada, yang tidak hanya melalui media televisi, surat kabar, majalah atau internet.

 Novi Yanti 11109425
Qori Istiqomah 16109484
Siti Enah Nurjanah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar