Minggu, 10 Maret 2013

Project Sendiri

Project Penulisan Ilmiah "Aplikasi mengenal Binatang Berdasarkan Makanannya Berbasis Android"



ABSTRAKSI

Qori Istiqomah. 16109484
APLIKASI MENGENAL BINATANG BERDASARKAN KLASIFIKASI MAKANANNYA BERBASIS ANDROID.
PI. Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, 2012.
Kata Kunci : Android, binatang, karnivora, herbivora, omnivora
(xv + 145 + lampiran)

Seiring dengan pesatnya teknologi di zaman seperti sekarang ini, telepon genggam telah dilengkapi dengan sistem layaknya seperti komputer, yang disebut smartphone. Tidak dapat dipungkiri, anak-anak pun kini sudah menggunakan telepon genggam. Karena tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, ponsel juga digunakan sebagai media pendidikan. Penulis membuat aplikasi yang menghadirkan informasi mengenai binatang berdasarkan klasifikasi makanannya dengan tujuan agar anak-anak tidak jenuh dengan media pembelajaran yang berupa teks. Aplikasi mengenal binatang berdasarkan klasifikasi makanannya ini dikhususkan pada binatang-binatang Karnivora, Herbivora dan Omnivora. Pada aplikasi ini terdapat gambar dan informasi dari binatang, kenal bentuk binatang, serta suara dari binatang.
Aplikasi dibangun menggunakan bahasa Java, perangkat lunak Eclipse, dibantu dengan file XML untuk membuat tampilan dan Android SDK sebagai tools yang diperlukan untuk memulai mengembangkan aplikasi pada platform Android dan dilakukan kompilasi menggunakan Android Virtual Device 2.2, perencanaan tampilan aplikasi, penggunaan struktur navigasi dan storyboard aplikasi.
Aplikasi ini merupakan aplikasi offline yang tidak perlu menggunakan jaringan internet sehingga aplikasi ini cukup efektif digunakan oleh para penggunanya. Aplikasi ini terbatas pada informasi binatang dari Karnivora, Herbivora dan Omnivora saja, dalam tahap penggembangan selanjutnya aplikasi ini diharapkan dapat menjadi lebih baik dan lebih menambah pengetahuan bagi para penggunanya, misal dengan menambah jumlah binatangnya. Aplikasi ini sudah berhasil di uji coba pada Telepon genggam LG optimus black dan Samsung Galaxy wonder GT i8150.



Daftar Pustaka (2008 - 2011)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar